.
PENGERTIAN METODE
Secara
etimologis, metode berasal dari kata 'met' dan 'hodes' yang berarti melalui.
Sedangkan istilah metode adalah jalan atau cara yang harus ditempuh untuk
mencapai suatu tujuan. Sehingga 2 hal penting yang terdapat dalam sebuah metode
adalah : cara melakukan sesuatu dan rencana dalam pelaksanaan. Metode berasal dari Bahasa Yunani
“Methodos’’ yang berarti cara atau jalanyang
ditempuh. Sehubungan dengan upaya ilmiah,maka metode menyangkut masalahcara
kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang
bersangkutan.Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan.[1]Pengetahuan
tentang metode-metode mengajar sangat di perlukan oleh para pendidik, sebab berhasil atau
tidaknya siswa belajar sangat bergantung pada tepat atautidaknya metode
mengajar yang digunakan oleh guru.Metode belajar yang mampu membangkitkan
motif, minat atau gairah belajar murid dan menjamin perkembangan kegiatan
kepribadian murid adalah metode diskusi.Metode diskusi merupakan suatu cara
mengajar yang bercirikan oleh suatu keterikatan pada suatu topik atau pokok pertanyaan atau problem. Di mana para
anggota diskusidengan jujur berusaha mencapai atau memperoleh suatu
keputusan atau pendapat yang
Dalam metode diskusi guru dapat
membimbing dan mendidik siswa untuk hidup dalam suasana yang penuh
tanggung jawab, msetiap orang yang berbicara atau mengemukakan pendapat harus berdasarkan
prinsip-prinsip tertentu yangdapat diperanggungjawabkan. Jadi bukan omong
kosong, juga bukan untuk menghasutatau
mengacau suasana. Menghormati pendapat orang lain, menerima pendapat yangenar
dan menolak pendapatb yang salah adalah ciri dari metode yang dapat
dighunakanuntuk mendidik siswa berjiwa demokrasi dan melatih kemampuan
berbicara siswa. Agar suasana belajar
siswa aktif dapat tercapai, maka diskusi dapat menggunakan variasimodel-model
pembelajaran menarik dan memotivasi siswa. Dari sekan banyak model pembelajaran yang ada, model pembelajaran
jigsaw cocok untuk digunakan dalammetode diskusi. Model pembelajaran jigsaw
membantu murid untuk mempelajarisesuatu
dengan baik dan sekaligus siswa mampu menjadi nara sumber bagi satu samayang
lain yang sah ditetapkan
PENGERTIAN
METODELOGI
Banyak
orang yang menyamakan istilah antara metode dan metodologi yang padahal
memiliki
pengertian
yang berbeda di antarakeduanya.Tentang perbedaan keduanya, Noeng Muhadjir
menyebutkan bahwa metodelogi penelitian membahas konsep teoritik berbagai metode,
baik kelebihan dan kekurangannya dalam kajian ilmiah, yang kemudian dilanjutkan
dengan pemilihan metode yang terbaik untuk digunakan. Sedangkan metode
penelitianmengemukakan secara teknis tentang metode-metode yang digunakan dalam
penelitiannya.Selain itu dengan redaksi yang lebih ringkas, kita bisa
mendefenisikan metodologi sebagai pengetahuan tentang metode-metode yang
dipergunakan dalam penelitian. Sedangkan metode adalah prosedur atau cara yang
ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu. Kemudian ada satu istilah lain yang
erat kaitannya dengan dua istilah ini, yakni tekhnik yaitu cara yang spesifik
dalam memecahkan masalah
tertentu yang ditemukan dalam melaksanakan prosedur. Metodologi berasal dari
bahasa Yunani “metodos” dan "logos". Kata "metodos" terdiri
dari dua suku kata yaitu “metha” yang berarti melalui atau melewati dan “hodos”
yang berarti jalan atau cara. Metode berarti suatu jalan yang dilalui untuk
mencapai tujuan. "Logos" artinya ilmu. Metodologi adalah
ilmu-ilmu/cara yang digunakan untuk memperoleh kebenaran menggunakan
penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan kebenaran, tergantung
dari realitas yang sedang dikaji.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar